Jumat, 1 Juli 22

Ahok Akan Kandangi APTB yang Melintas di Jalur Transjakarta

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menginstruksikan Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI agar menindak tegas bus Angkutan Perbatasan Terintegrasi Bus Transjakarta (APTB) yang melintas di jalur bus Transjakarta (busway).

“Saya sudah memberikan instruksi ke Dishubtrans supaya bus-bus APTB yang melintas di jalur busway itu ditindak tegas. Kalau ada yang nekad melintas, langsung saja dikandangkan busnya,” tegas Basuki di Jakarta, Kamis (2/6).

Selanjutnya kata Basuki, Dia menegaskan bus-bus APTB yang biasa beroperasi hingga ke tengah kota Jakarta bukan dilarang sepenuhnya, melainkan hanya dilarang melintas dan mengangkut penumpang di jalur bus Transjakarta.

“Yang pasti, operasional bus-bus APTB yang sudah ada saat ini bukannya dihapuskan, tetapi hanya dilarang melintas dan mengangkut penumpang di jalur busway Transjakarta,” ujar Basuki.

Dia menuturkan bus-bus APTB dilarang untuk beroperasi di sepanjang jalur busway Transjakarta karena berdasarkan laporan yang diterimanya, banyak masyarakat yang mengeluhkan operasional bus tersebut.

“Selama ini, kami banyak dapat laporan dari masyarakat kalau bus-bus APTB itu sering mengangkut penumpang di jalur busway dan memungut biaya tambahan dari para penumpang,” tutur Basuki.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan apabila bus-bus APTB ingin beroperasi di jalur busway, maka harus bergabung terlebih dahulu dengan manajemen PT Transportasi Jakarta (Transjakarta).

“Sebetulnya, solusinya sudah jelas. Kalau mau beroperasi di jalur busway, ya harus gabung sama Transjakarta, pakai sistem rupiah per kilometer. Kalau tidak ada penumpang pun tetap untung. Tidak usah ribut-ribut lagi,” ungkap Basuki.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait