Senin, 15 Agustus 22

8.5 Jam, 27 Pertanyaan, dan Muka Masam Ahok

Proses pemeriksaan Gubernur non aktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok oleh penyidik Bareskrim Polri hari ini, Selasa (22/11/2016) berlangsung selama 8,5 jam. Selama pemeriksaan, Ahok yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penodaan agama dicecar sebanyak 27 pertanyaan oleh penyidik.

Ahok diperiksa sejak pukul 09.00 di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (22/11).

Sama seperti saat masuk, saat keluar Ahok pemeriksaan, Ahok terlihat “disiplin” untuk tak berkomentar apapun. Hanya Sirra Prayuna selaku ketua tim kuasa hukum Ahok dan yang menyampaikan keterangan kepada wartawan yang sejak pagi tadi menunggunya.

“Ada sekitar 27 pertanyaan yang diajukan penyidik kepada Pak Basuki dan itu dijawab dengan baik. Saya ingin memberi gambaran ini mengulang pemeriksaan dan memberikan keterangan saat masih di penyelidikan, tapi ada yang menambahkan hal-hal yang dapat membuat terang penyidikan,” kata Sirra Prayuna di Mabes Polri.

Ahok terlihat hanya berdiri bersama Prasetio Edi Marsudi, Ketua Tim Pemenangan pasangan Ahok-Djarot Saiful Hidayat di belakang Sirra Prayuna.

Berbeda dengan sebelumnya, muka Ahok terlihat masam dan serius. Sejurus kemudian Ahok pun meninggalkan meninggalkan lokasi tanpa mengucap sepatah kata pun dengan kawalan belasan personel kepolisian dari Provos.

Sirra menyebut Ahok menjawab dengan lugas setiap pertanyaan dan tidak ada ketegangan dalam pemeriksaan Ahok hari ini.

Seperti diketahui, Ahok ditetapkan sebagai tersangka setelah dilakukan gelar perkara terbuka terbatas oleh Bareskrim di Mabes Polri, Selasa (15/11/2016) lalu.

Ahok dijerat Pasal 156 huruf a KUHP dalam kasus penistaan agama dan Pasal 28 ayat 2 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait