Selasa, 7 Februari 23

60 Pembalap Dunia Akan Ikuti MXGP 2019 di Palembang

Ajang kejuaraan Motocross Grand Prix 2019 (MXGP 2019) akan digelar di lapangan balap motor cross OPI Mall Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan pada 5 – 7 Juli 2019 mendatang. Sedikitnya 60 crosser (pembalap) dunia dipastikan akan berpartisipasi di MXGP 2019 di Palembang.

Direktur Arena Sirkuit Internasional Yudiarto saat dihubungi indeksberita.com mengatakan bahwa MXGP merupakan ajang motocross paling bergengsi di dunia. Ia mengungkapkan, puluhan pembalap dari 28 negara sudah mendaftarkan diri ke panitia penyelenggara untuk mengikuti dua kategori yakni MX1 dan MX2.

“Dua pembalap motorcross kelas dunia Antonio Cairoli (Red Bull KTM Factory Racing) dan Tim Gajser (Honda Gariboldi) sudah mendaftarkan diri. Ini akan menjadi daya tarik tersendiri,” katanya Selasa (25/6/2019).

Sebagaimana diketahui, Cairoli (Red Bull KTM Factory Racing) Cairoli merupakan juara dunia sembilan kali sedangkan Gajser (Honda Gariboldi) pernah dua kali menjadi menjadi juara dunia. Kehadiran 2 crosses itu sudah pasti akan menjadi magnit tersendiri dalam mega event tersebut.

Tak hanya itu, para pembalap senior termasuk 148 crosser nasional juga akan turun dengan menjadi peserta pada kejuaraan pendamping, yakni Piala Gubernur Sumsel. Yudi menuturkan, mereka akan mengukuti ajang yang dimulai dari kelas 55 cc -125 cc, termasuk MX1 dan MX2 Junior.

Sementara itu, tempat bagi penonton akan dibagi menjadi tiga kelas dengan harga tiket yang berbeda. Rinciannya, kata Judianton, untuk kelas festival atau standing dipatok dengan harga Rp 100 ribu, kelas tribun Rp 400 ribu, dan VIP Rp 1,6 juta.

“Untuk tiket di tribun terbatas 2.500-3.000 tempat duduk. Begitu pun dengan VIP hanya sekitar 1.500 tiket per hari,” katanya

Sementara terkait sirkuit sendiri, Kepala Bidang Sirkuit MXGP 2019, Dharma Budhy menuturkan, hingga saat ini telah mencapai sekitar 90 persen. Tidak kurang dari 15.000 m3 tanah disulap menjadi sirkuit kelas dunia di atas lahan seluas lima hektar, yang berada dalam kawasan hotel dan pusat perbelanjaan di Palembang.

“Sebagian besar pengerjaan fisik telah rampung dan menyisakan beberapa bagian kecil seperti tribun, pagar pembatas dan sejumlah fasilitas pendukung lain. Diperkirakan, secara keseluruhan sirkuit akan rampung empat hari jelang kompetisi,” paparnya.

Terpisah, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru berharap dengan adanya kejuaraan internasional MXGP mampu mendongkrak semangat dan mengajak para generasi muda yang hobi motor dapat. Mereka dapat menyalurkan hobi dan bakat balapnya. Akan ada dua acara setelah selesai MXGP, yaitu kejuraan nasional memperebutkan piala gubernur.

“Ini kita sekaligus menggali bakat kan dari seluruh kabupaten ini bahkan di tiap-tiap kecamatan dan desa banyak sekali kroser-kroses alami yang bingung menyalurkan ke mana.” ujar Herman.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait