Jumat, 9 Desember 22

32 Sekolah Siap UNBK, PLN Jadi Penentu

BOGOR – Sebanyak 32 sekolah Kota Bogor siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 4 April 2016 mendatang. Sekolah tersebut yakni 15 SMA, 12 SMK, 1 MA dan 4 SMP. Demikian dikatakan Kepala Bidang Pendidikan Menengah pada Disdik Kota Bogor Jana Sugiana.

“Untuk 268 sekolah antara lain 26 SMA, 78 SMK, sembilan MA, 113 SMP, 34 MTs, empat Paket C dan empat Paket B masih melaksanakan UN secara manual,” tukas Jana kepada indeksberita.com, Rabu (23/3/2016).

Aliran listrik PLN pun jadi penentu, sebab bila terjadi pemadaman, pelaksanaan UNBK pun terancam gagal.

“Guna memastikan tidak ada kendala jaringan internet dan pemadaman listrik saat digelar Ujian Nasional (UN), sudah dilakukan koordinasi dengan PLN dan Telkom,” tuturnya.

Jana menambahkan, makin banyaknya sekolah yang menyelenggarakan UNBK akan semakin meningkatkan indeks integritas sekolah dalam menjalani ujian nasional. Di Kota Bogor, UNBK akan diselenggarakan dengan sistem 3 shift.

“Sudah dilakukan ujicoba dan selama ini lancar. Jadi, terkait sistem UNBK tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Khusus Computer Based Test (CBT) dari seratus siswa harus tersedia 33 komputer dan lima komputer cadangan dengan pengerjaan soal sistem shif tiga kali selama dua jam. Pelaksanaannya dimulai pukul 07:00 hingga 16:00 WIB,” tuturnya.

Sebelumnya, Senin (21/03/16) lalu, SMP Negeri 1 Kota Bogor melaksanakan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bersama dua SMP swasta, SMP Kosgoro dan SMP Bogor Raya. SMP Negeri 1 Kota Bogor telah mempersiapkan 120 komputer yang nantinya akan digunakan 290 siswa kelas IX.

Pelaksanaan UN tingkat SMP akan digelar pada 4 sampai 12 April, SMA pada 4 sampai 11 April dan SMK pada 4 sampai 7 April. Soal UN sendiri baru akan didistribusikan pada 1 hingga 3 April ke-27 kota/kabupaten di Jawa Barat. (eko)

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait